Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Sumber Bacaan Bermutu Kemdikbudristek dan Pusnas Dapat Diakses Gratis

 

Dalam upaya mendorong tumbuhnya minat membaca dikalangan peserta didik, Kemdikbudristek dan Perpustakaan Nasional menindaklanjuti kerja sama Nomor 09/VII/PKS/2023 dan Nomor 76/PKS/V11.2023 tentang Peningkatan Penyelenggaraan dan Pengelolaan Perpustakaan, Kemendikbudristek dan Perpusnas berkomitmen untuk menyediaan bahan bacaan bermutu bagi seluruh ekosistem pendidikan di Indonesia..

Kemdikbudristek dan Perpustakaan Nasional juga sepakat berbagi sumber pengetahuan dan belajar untuk memperkaya materi pembelajaran bagi peserta didik, guru dan tenaga kependidikan sebagai bentuk dukungan Kurikulum Merdeka.

Berikut 6 sumber bacaan bermutu yang dimiliki Kemdikbudristek dan Perpustakaan Nasional yang dapat diakses masyarakat secara gratis menggunakan perangkat seluler maupun komputer.

SUMBER PENGETAHUAN DAN SUMBER BELAJAR KEMDIKBUDRISTEK 

Sistem Informasi Perbukuan Indonesia (  https://buku.kemdikbud.go.id )

Laman : buku.kemdikbud.go.id

Platform ini mewadahi kegiatan perbukuan seperti manajemen pembinaan, pusat data pelaku perbukuan, pengumuman penilaian, penerimaan laporan, serta publikasi berbagai kebijakan terkait perbukuan.

Buku Bacaan Digitalhttps://budi.kemdikbud.go.id )

Laman : budi.kemdikbud.go.id

Laman yang berisikan beragam buku yang dikemas secara digital dan terdiri atas buku digital, buku audio, dan buku video. Bahan bacaan literasi yang diunggah telah lolos penilaian dan dinyatakan layak untuk digunakan di sekolah-sekolah di Indonesia.

Perpustakaan Kemendikbudristek ( https://perpustakaan.kemdikbud.go.id )

Laman : https://perpustakaan.kemdikbud.go.id

Perpustakaan Kemendikbudristek yang menyediakan fasilitas pencarian terintegrasi SIKOPER (Sistem Integrasi Koleksi Perpustakaan). SIKOPER merupakan layanan pencarian satu pintu ke dalam berbagai platform yang dikelola oleh Perpustakaan Kemendikbudristek dan satuan kerja di Kemendikbudristek.

SUMBER PENGETAHUAN DAN SUMBER BELAJAR PERPUSNAS

 Bintang Pusnas Edu https://bintangpusnas.perpusnas.go.id )
Laman : bintangpusnas.perpusnas.go.id

Platform aplikasi untuk meningkatkan akses dan konten digital bagi perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi. Bintang Pusnas Edu menyajikan koleksi buku digital dan beragam koleksi digital lainnya seperti buku audio, buku video, tutorial edukasi, jurnal ilmiah, yang dapat diakses melalui beragam platform (Android, Moc OS, Windows dan iOS).


Sumber informasi elektronik ( https://e-resources.perpusnas.go.id/ )
Laman : https://e-resources.perpusnas.go.id

Merupakan layanan dalam jaringan yang menyediakan berbagai koleksi buku dan jurnal ilmiah elektronik berlangganan dari penerbit lokal maupun internasional. Melalui e-resources, masyarakat dapat menelusur, membaca, dan mengunduh beragam koleksi digital yang telah dilanggan oleh Perpusnas.

Perpustakaan Digital iPusnas ( https://ipusnas.id/ )
Laman : https://ipusnas.id/

Merupakan aplikasi perpustakaan digitat yang dapat digunakan untuk membaca e-book dan dilengkapi dengan litur-fitur media sosial. iPusnas dapat diakses di berbagai medium perangkat mulai dari desktop dan komputer berbasis situs (web-based), mobile, netbook dan aplikasi tab-based.

Ayo manfaatkan 6 sumber pengetahuan dan pembelajaran tersebut semaksimal mungkin dalam mencapai tujuan pembelajaran.