Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Cara Mengetahui NUPTK dan SIMPKB Guru

Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan atau disingkat NUPTK yang terdiri dari kombinasi 16 digit angka merupakan nomor indentitas resmi untuk keperluan identifikasi dalam pelaksanaan program atau kegiatan terkait dengan pendidikan. NUPTK diberikan kepada Guru dan Tenaga Kependidikan baik PNS maupun Non PNS yang telah memenuhi persyaratan dan telah melalui tahapan verifikasi dan validasi.

Sedangkan SIMPKB akronim dari Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian dan Berkelanjutan merupakan platform digital yang didesain khusus untuk meningkatkan profesionalisme guru dan memperluas akses terhadap pelatihan, sumber daya, dan informasi pendidikan. Dengan akun SIMPKB, guru dapat mengakses berbagai program atau kegiatan dari Kemdikbudristek. Misalnya, Pendidikan Profesi Guru (PPG), Program Sekolah Penggerak, Guru Penggerak dan lainnya. Berbeda NUPTK, nomor ID SIMPKB terdiri dari kombinasi 12 digit angka.

Karena NUPTK dan ID SIMPKB terdiri dari beberapa angka dan tidak tersimpan ataupun tercatat, terkadang pada sebagian orang kesulitan untuk menemukan NUPTK dan SIMPKB saat diperlukan.

Berikut ini cara mudah mengetahui NUPTK dan SIMPKB yang dapat diakses secara online menggunakan seluler maupun laptop/ PC.

    • Nama (isi dengan nama lengkap tanpa gelar)
    • Provinsi (cari nama provinsi domisili)
    • Kabupaten/ Kota (cari nama kabupaten/ kota domisili)
    • Semua Status Registrasi Akun SIMPKB (abaikan saja)
    • Semua Status Sinkronisasi DAPODIK (abaikan saja)


  • Setelah mengisi kolom pencarian data GTK dengan benar, klik CARI GTK

Hasil pencarian menampilkan deretan beberapa data GTK dengan nama yang sama berdasarkan isian nama pada kolom pancarian.


Data yang ditampilkan dari hasil pencarian, dapat kita lihat NUPTK dan ID SIMPKB serta Jenis PTK, Status Aktif, Riwayat Perubahan Data, Riwayat Sinkron Dapodik.

Untuk menghindari kesalahan dalam memperolah NUPTK dan ID SIMPKB, sebelum mencatat atau menyimpan NUPTK dan ID SIMPKB, pastikan terlebih dahulu data SATMINKAL sudah sesuai.

Nah, demikianlah informasi mengenai cara mengetahui NUPTK dan SIMPKB Guru secara online. Semoga bermanfaat.